Year-End Notes

Leave a comment

December 27, 2012 by arlitaayu


Wow, time’s running so fast, isn’t it? New year’s comin’ up just in a couple days!

First of all, I’d like to thank God for all the things I’ve got so far. My family, career, friends, wealth, health, dan semua kesempatan dan kepercayaan yang telah Allah berikan sehingga gw bisa menjadi seperti sekarang. Gw percaya, semua yang kita miliki hingga saat ini adalah titipan dari Allah SWT yang dititipkan kepada kita sebagai bentuk kepercayaan. Allah percaya kepada kita bahwa kita dapat memanfaatkan titipan tersebut dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita pertanggungjawabkan nantinya jika suatu saat titipan tersebut diambil kembali dan dipertanyakan oleh Allah bagaimana penggunaannya selama di dunia. Oleh karena itu, pantaskanlah diri kita untuk mendapat kepercayaan yang lebih dariNya. Huwaaaa…bahasan kali ini rada berat yaa..hehehehe…*tumben*.

Nah, ada banyak cara untuk memantaskan diri kita, diantaranya adalah dengan bersyukur dan terus memperbaiki diri. Pas banget nih momennya, akhir tahun biasanya sering dimanfaatkan sebagai momen introspeksi diri, perbaikan diri. Pengen share sedikit nih mengenai hal yang mungkin bisa menjadi inspirasi renungan akhir tahun lewat blogpost kali ini.

Buat gw, akhir tahun itu menandakan sebuah milestone dalam hidup kita. Dimana setiap milestone-nya ada checklist yang harus kita penuhi. Checklist tersebut bisa berupa deliverables (contoh : pengen punya toko iBox, pengen bayarin ortu naik haji, dll) atau bisa juga berupa achievements(contoh : juara 1 lomba baca puisi tingkat international, khatam Al-qur’an 3 kali setahun, dsb).

Bikin checklist deliverables dan achievements ini gampang-gampang susah. Kita harus define dulu rencana, target and objective kita. Mau bikin rencana jangka panjang dan jangka pendek boleh. Mostly, we define short-range plan for one year in the beginning year. For a long-range plan, bisa untuk 5 atau 10 tahun kedepan. Penentuan target tentunya harus realistic and achievable. Barulah kita mulai menyusun checklist untuk memenuhi target tersebut. Tentunya harus disesuaikan pula dengan kemampuan dan keterbatasan yang kita miliki.
Sebaiknya kita perlu tahu dulu apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan kita agar kita mengetahui apa saja potensi yang bisa kita kembangkan untuk mencapai target yang sudah kita tetapkan. You can use tools such as SWOT analysis in this step.;-)

Dan yang terpenting, harus selalu dilakukan review terhadap checklist yang sudah kita buat dalam setiap milestone. Harus ada pertanyaan :

  • Apakah checklist deliverables and achievements di setiap milestone nya sudah sesuai dengan target yang diharapkan? Mengapa tidak?
  • Apakah diperlukan revisi terhadap target di milestone berikutnya?
  • Apa saja improvements dan inovasi-inovasi yang  bisa kita lakukan agar deliverables and achivements kita sesuai dengan yang kita harapkan?

Duuuuh, udah kayak mikirin Business Strategic Plan yaaaa..hahahahaha…Eits, jangan salah. Gw memang mengadopsi beberapa hal yang gw dapetin selama gw kerja. Banyak hal baik dan ilmu yang berguna yang bisa gw pelajari dan implementasikan nggak cuma di dunia kerja tapi bisa juga dibawa ke kehidupan sehari-hari.

Dan akhirnya akan muncul pertanyaan:

  • Apakah performance kita selama ini sudah merupakan yang terbaik yang bisa kita berikan?
  • Apakah yang kita lakukan selama ini sudah benar-benar optimal mendukung pencapaian target kita?

Beberapa pertanyaan diatas gw harap bisa menjadi suatu renungan di akhir tahun bagi siapapun, termasuk gw sehingga dapat melahirkan suatu resolusi awal tahun. Resolusi untuk menghadapi milestone berikutnya. It’s a time for a fresh start and great for creating a “new you”.

Ada sebuah lagu yg liriknya mampu menginspirasi gw dlm menjalani milestone demi milestone perjalanan hidup gw yg mungkin jg bisa menginspirasi lo dan memotivasi kita semua dlm menjalani kehidupan.
It’s “The Climb”, by Miley Cyrus.

I can almost see it
That dream I’m dreaming
But there’s a voice inside my head saying
You’ll never reach it

Every step I’m taking
Every move I make feels
Lost with no direction
My faith is shaking
But I gotta keep trying
Gotta keep my head held high

There’s always gonna be another mountain
I’m always gonna wanna make it move
Always gonna be an uphill battle
Sometimes I’m gonna have to lose

Ain’t about how fast I get there
Ain’t about what’s waiting on the other side
It’s the climb…

Dalam sebuah perjalanan hidup, jatuh itu hal yang biasa, hal yang luar biasa adalah ketika lo jatuh dan lo mampu untuk bangkit kembali dan meraih apa yang lo cita-citakan. Ketika banyak orang meremehkan, lo bisa buktikan kalo lo bisa mencapainya.
Dan yang terpenting bukanlah seberapa cepat lo meraih mimpi tersebut, seberapa banyak mimpi-mimpi yang lo raih, tapi bagaimana perjalanan yang membawa lo bisa sampai ke mimpi itu. Perjalanan yang tak mudah, perjalanan yang memberikan pelajaran berharga, perjalanan yang menjadikan kita kuat. Karena orang yang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan, melainkan melalui kesukaran, tantangan dan air mata.

“Everyone will always have their own new year’s resolution, but many people fail to follow through with their resolutions.”

Good luck and have a wonderful holiday, guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Owner

Top Posts & Pages

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,465 other followers

%d bloggers like this: