Graphometric Analysis -Edisi Pameran Sequislife-

Leave a comment

June 10, 2012 by arlitaayu


Huwaaaa…so long a go no blogging….*kacau inggerisnya*…Whatsoeverlah…To be frank, I wasn’t in the mood for a whole week..Sampe2 postingan Graphometric Analysis -Edisi Pameran Sequislife- ini kesimpen di draft berhari-hari…:(

Kayaknya udah basi neh…>,< Nggak apa2 lah…A late post is better than no post, rite?  *ngomong dewe*

Cerita berawal dari boothnya Sequislife di MKG 3. Kalo masih inget postingan ini….yang ini jugaa….Setelah melalui proses registrasi utk mendapatkan graphometric analysis gratis di booth Sequislife, gw diminta menyalin tulisan beberapa baris diselembar kertas. Selain menulis, gw jg diminta untuk tanda tangan.

Ini tulisan tangan sama tanda tangan asli gw…(:

Buat apa sih nulis2 sama tanda tangan gini?Namanya juga mau dijadiin obyek graphometric analysis.

Apa sih Graphometric analysis itu?

Gw copy-paste langsung yah dari hasil graphometric analysis gw..Disitu ditulis kalo :

“Graphometric analysis ini menggunakan ilmu graphology, yaitu bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk menginterpretasikan karakter dan kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Pikiran sadar APA yang ditulis, pikiran bawah sadar mengontrol BAGAIMANA cara kita menulis.”
Hmm..penasaran sama hasil graphometric analysis dari tulisan tangan n tanda tangan gw? Kalo gak, stop bacanya sampe disini…kalo iya, lanjuuuut…

Karena pasti lo bakal lebih excited kalo baca hasil graphometric analysis punya lo sendiri dibanding baca punya orang lain..Tapi nggak apa2 lah gw share hasil graphometric analysis gw disini…Itung2 buat yg pengen mengenal gw lebih dekat, ini bisa jadi salah satu referensi…hahaha..

Selain itu juga sebagai note buat gw, kalo kepribadian kita bisa tercermin hanya melalui tulisan dan tanda tangan kita…Cukup dengan graphometric analysis, tanpa harus ngobrol dulu, kenal lama, atau bahkan bertatap muka..It’s so amazing! Keren banget…
Kalau dr penjelasan sang psikolog, memang benar…tulisan tangan kita bisa merepresentasikan kepribadian yang ada dalam diri kita.
Dari situ kita bisa tau primary concern kita, apakah masih sebatas basic needs, social relation needs, atau sudah kearah idea and creativity.
Selain itu kita juga bisa mengetahui seberapa tingkat self confidence, ego, emotional control, sociability, dan maturity kita secara inner character / kepribadian yang ada dalam diri kita melalui tulisan tangan.

Hebat yaa..? tapi itu semua nggak mutlak dan bisa berubah2. Namun hasil analysis ini menggambarkan karakter kita sesungguhnya pada saat melakukan test.
Lalu, apa yang bisa dibaca dari tulisan tangan gw?
Primary concern secara inner character, gw sudah ada di posisi idea and creativity.
Lebih concern terhadap ide-ide, imajinasi, dan kreativitas.
Mampu menempatkan posisi dirinya terhadap orang lain dengan porsi yang seimbang.
Mampu secara proporsional menampilkan performa kemampuannya di hadapan orang lain, penulis termasuk orang yang terkontrol. Mampu menempatkan dirinya dihadapan orang lain, dan mampu berhubungan baik secara wajar dengan lingkungan sosialnya.
Cukup dewasa dan memiliki keseimbangan karakter diri yang proporsional.

Gw heran, kenapa hasilnya ada yang sama persis seperti apa yang pernah Adip bilang tentang gw. Waktu itu gw pernah iseng nanya ke dy, orang seperti apa sih gw dimata dy. Hmm…jangan2 Ayank bisa baca kepribadian dari tulisan tangan juga yaaa…;-)

Setelah nulis, gw diminta tanda tangan di kertas yang tadi…Nah, kalo tanda tangan kita itu ibarat topengnya kita. Outer character-nya. Mau kayak gimana sih karakter/kepribadian yang kita miliki ini ditampilkan pada umum, bisa kebaca lewat tanda tangan.
Kalo gw :

Ramah, terprediksi/orientasi masa depan. *masak sih?*
Ingin mendapatkan pengakuan dari luar. *hmm..yang ini ada benernya juga, sometimes..:p *
Berusaha menutup diri dan tidak senang apabila masa lalunya diketahui orang lain. * seems like most people is*
Merasa puas dengan apa yang ada dalam dirinya. *bkn puas sih, tapi proud to be myself lebih tepatnya…*
Optimis dalam melakukan sesuatu. *yep, I am*
Bersikap ambisius apabila mempunyai suatu keinginan. *super true!*

Hasil ini belum tentu 100% benar dan bisa dijadikan acuan kita nge-judge / menilai kepribadian orang sih. Tapi overall, hasil analysis graphometric ini lumayan match di gw.. Gw seolah menemukan jati diri gw..*halah*..
Sang psikolognya bener2 membantu sekali, dy kasih beberapa masukan buat gw supaya jadi pribadi yg lebih baik lagi.
Dy juga sempet kasih ‘bocoran’ ke kita kalo orang dengan tulisan tangannya latin/tegak bersambung itu biasanya orangnya lebih patuh sama aturan, strict to the rules istilahnya, dan lebih peduli sama lingkungan.
Orang dengan tulisan tangan latin / tegak bersambung saat ini udah jarang ditemui. Biasanya orang2 yg masih nulis latin /bersambung gitu adalah orang2 jadul.. Nggak heran kalo orang2 masa kini cenderung individualis.

Di akhir pertemuan kami sama mbk psikolognya, tiba2 dy bilang ke Ayank :
“Mas mirip banget deh sama Pongky Jikustik (Pongky, The Dance Company)..Kebetulan saya kenal deket sama si Pongky..boleh minta foto nggak? Ntar aku kasih liat ke Pongky kalo ada yg mirip banget sama dy”…
Gubraaaak
OMG, mbk uda jadi orang keberapa ya yg bilang gitu..hehehe..
Akhirnya sesuai request, gw potoin deh Ayank pake BBnya sang psikolog.
Dan gw pun ngakak sepanjang jalan..Ya ampun, gw pacaran sama artis toh..:D

Leave a Reply

Owner

Top Posts & Pages

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,465 other followers

