Libur = Keluar Duit Lebih Banyak daripada saat Weekday

Leave a comment

May 16, 2012 by arlitaayu


Hawa-hawa liburan udah kerasa nih…Meskipun cuma sehari doang, huhuhuhu….Gw kerja di perusahaan swasta yang nggak menerapkan anjuran cuti bersama dari pemerintah hari Jumat besok…Which means, gw nggak bisa nikmatin long weekend dari hari Kamis sampe Minggu kayak pegawai BUMN *iriiiii*.

Buat gw, libur sehari udah alhamdulillah banget..disyukuri karena kita bisa ngelakuin apa aja yang nggak bisa kita lakuin di hari kerja. Yang bikin nggak enak kalo libur itu salah satunya makin banyak dana yang harus kita keluarin. Bener nggak?? Kerasa banget di gw. Duit yang harus gw keluarin di saat weekend itu bisa sampe tiga, empat, atau bahkan lima kali lipatnya duit yang keluar selama lima hari kerja. Aaaaaaaaaa…..Lima hari kerja lho yaa…pengeluaran gw ditotal selama lima hari itu masih lebih kecil dibanding pengeluaran gw selama dua hari weekend. Gimana kalo ditambah libur lainnya? Abis deh gaji gw..>,< hmm..hidup di ibu kota emang banyak cobaan..wkwkwk..

Pas banget tadi pagi di kantor, gw dengerin Financial Clinic di HardRock FM. Gw lupa narasumbernya siapa, yang pasti tuh acara kerjasama HardRock FM sama BTPN.  Dy ngasih tips seputar mengelola keuangan. Intinya dy bilang, uang itu kayak air. Harus kita beda-bedain, pisah-pisahin antara air buat mandi, air buat minum, air buat siram2. Jangan sampe air buat mandi lo buat minum juga. Nggak bagus juga kan?? Sama halnya dengan uang.

Kalo gw, gw coba untuk selalu menyisihkan 50% dari gaji untuk di tabung dan investasi.

5% untuk shodaqoh. Yang dua ini hukumnya wajib dan nggak boleh di utak-atik.. Mmmm…kalo diliat bener2 jauh banget ya selisihnya… Gw pengennya sih apa yang gw tabung buat diri gw sendiri sama apa yang gw kasih untuk yang mereka yang membutuhkan itu sama besarnya. Tapi buat menuju ke sana, gw harus kerja lebih keras lagi. Toh dua2nya sama2 buat tabungan kita, yang satu tabungan di dunia yang satu buat tabungan di akhirat nanti. Yang penting sih niatnya, mau berapapun yang kita kasih kalo niat kita baik insya Allah bermanfaat buat mereka juga buat diri kita sendiri. Shodaqoh kan untuk membersihkan harta kita juga..

Nah, 10% nya lagi buat dana jaga-jaga, artinya kalo ada keperluan mendadak, mendesak, atau yang nggak terduga sama sekali, atau dana sehari-hari udah nggak cukup lagi, mentok banget, bisa pake duit ini. Kalo nggak kepake, duit ini bisa langsung gw masukin ke tabungan *pinginnya doang*. Karena kadang2 gw masih suka nakal, gw pake buat beli baju, sandal, tas, atau buat beli body shop…hihihihi…

10% lainnya biasanya buat entertainment. Beliin mama tas atau apa gitu kek, bayarin internet di rumah, atau kadang kalo lagi baik, gw transfer ke adek gw buat jajan..hehehe..Gw selalu baik kok tiap bulan…:D

Nah, 25% sisanya adalah jatah gw sehari-hari, makan, transport, sama bayar kosan. Pokoknya dicukup-cukupin. Ini udah batas maksimal untuk jatah bulanan. Kalo nggak cukup, kan masih ada 10% yang tadi..hehehehe…

Kurang lebih seperti itu alokasi gaji gw tiap bulannya. Gw pengennya selalu disiplin dalam mengalokasikan duit gaji gw, jangan sampe ada istilah “besar pasak daripada tiang”. Yang penting lo punya rencana. Mau dikemanain tuh duit, harus bisa dipertanggungjawabin, jangan sampe duit itu kebuang dengan sia2 yang akhirnya ujung2nya bikin lo nyesel sendiri. Semua harus direncanakan dengan baik dan bijak, termasuk buat hari tua lo nanti.

Sekian dulu konsultasi financialnya. Kapan2 kita sambung lagi. Gw mau karaokean nih sama temen2 kantor..:D.Mmmm…kalo yang ini nggak masuk anggaran yang diatas tadi yaa, soalnya gw ditraktir…:D

Have a nice holiday!!!!!

Leave a Reply

Owner

Top Posts & Pages

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,465 other followers

